September 27, 2020

Proyek Wikimedia Basa Sunda: Catatan Konferensi Wikimania 2019, Swedia

Berfoto di Balai Kota Stockholm, Swedia (foto: HaEr48)

Konferensi Wikimania 2019 digelar di Universitas Stockholm, Swedia dari tanggal 16-18 Agustus 2019. Dalam kesempatan tersebut, saya terpilih menjadi penerima beasiswa perjalanan konferensi dari Wikimedia Indonesia untuk perwakilan Komuntias Wikipedia Basa Sunda. Selain mengikuti seluruh rangkaian kegiatan, saya pun memberikan presentasi mengenai penggunaan pilihan bahasa Sunda di proyek-proyek Wikimedia. Berikut ini ringkasan dari rangkaian kegiatan konferensi Wikimania 2019 yang saya ikuti.

Sebagai penerima beasiswa perjalanan konferensi dari Wikimedia Indonesia, saya mendapatkan dukungan penuh untuk perjalanan dan akomodasi selama pra kegiatan dan selama kegiatan berlangsung. Persiapan yang dilakukan sebelum keberangkatan, mulai dari bulan Juni 2019. Adapun beberapa hal yang diurus yaitu pengajuan visa, pendaftaran konferensi, pemesanan tiket perjalanan lokal, tiket pesawat dan hotel. Seluruh pembiayaan ditanggung oleh Wikimedia Indonesia.

Setelah semuanya telah siap, saya berangkat dari Bandung ke Jakarta tanggal 14 Agustus 2019 menuju kantor WMID untuk kemudian melanjutkan perjalanan menuju bandara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng. Jadwal keberangkatan pesawat yaitu pada tanggal 15 Agustus dini hari. Di Bandara saya berjumpa dengan Hillun Vilayl Napis , staf Wikimedia Indonesia yang ikut untuk konferensi Wikimania 2019 sebagai perwakilan dari organisasi dan komunitas Wikipedia bahasa Indonesia. Hilun juga sangat membantu saya dalam persiapan berkas dan kebutuhan keberangkatan.

Kami berangkat dengan pesawat Emirates pada jadwal yang telah tentukan. Setelah penerbangan selama 7 jam, kami tiba di bandara internasional Dubai untuk transit selama tiga jam. Di bandara Dubai kami berjumpa dengan Butch (Singapura), penggagas Wikimedia ESEAP dan Taufik (Malaysia), Wikimediawan Melayu. Kami berempat melanjutkan perjalanan ke Swedia dengan pesawat yang sama selama 7 jam lagi. Kami tiba di bandara internasional Arlanda, Swedia pada sore harinya, kemudian menuju booth informasi Wikimania yang tersedia di dalam bandara. Informasi dari panitia di booth ini sangat membantu untuk mengarahkan perjalanan menuju Stockholm dan tempat kegiatan konferensi.

Perjalanan dari bandara Arlanda disambung menggunakan kereta bandara Arlanda Ekspress langsung menuju pusat kota Stockholm. Setibanya di Central Station Stockholm, kami menuju hotel masing-masing yang telah dipesan jauh hari. Untuk menuju hotel tidaklah begitu jauh, dan dapat dijangkau dengan 10 menit berjalan kaki saja. Saya sendiri menginap di hotel Nord Scandic yang terletak di jalan Walingatan.

16 Agustus 2019.Sebelum acara dimulai saya mengikuti proses registrasi di meja panitia yang telah disediakan. Pembukaan secara seremonial diikuti oleh semua peserta di Aula Magna dengan pembicara utama Michael Peter Edson.

Undangan Walikota Stockholm. Pada sesi paralel saya mengikuti presentasi dari Birgit Müller (Building Technical Capacity in Smaller Wikis)yang menjelaskan upaya-upaya yang dapat dilakuakn untuk membangun kapasistas bagi proyek-proyek wiki yang kecil, pemaparan materi dari C. Scott Ananian (Let’s completely change how templates work) mengenai gagasan untuk menyederhanakan langkah kerja penggunaan templat lintas wiki. Setelah selesai istirahat & makan siang, saya mengikuti sesi paralel berikutnya dari Daniel Bögre Udell (How to sustain your language online) tentang upaya-upaya pemeliharaan bahasa secara daring, antara lain melalui ptoyek wiki. Sebagai penutup sesi paralel, saya mengikuti pemaparan mater dari BugWarp, DerHexer, Marcus Cyron (How can we more easily organize multi-chapter projects?) yang berbagi pengalaman tentang upaya pelaksanan proyek lintas-chapter organisasi Wikimedia.

Foto bersama di Balai Kota Stockholm, (foto: Patricia Costillo)

Di akhir hari setelah semua sesi konferensi usai, seluruh peserta diundang secara khusus oleh pemerintah kota Stockholm untuk berkunjung ke gedung Balai Kota dan melihat arsitektur bernilai sejarah tinggi. Aula utama balai kota merupakan tempat pelantikan para penerima Hadiah Nobel setiap tahun. Dalam jamuan ramah-tamah, kami disambut langsung oleh walikota Stockholm dan ketua Wikimedia Sverige, dengan sajian hidangan minuman dan makanan ringan.

17 Agustus 2019. Sesi pemaparan proyek Lingua Libre memberikan gambaran yang rinci tentang kegiatan perekaman sampel kata untuk berbagai bahasa di dunia. Perekaman telah diatur menggunakan sistem otomasi berbasis website yang memungkinan merekam lebih dari 5.000 kata dalam 1 jam. Seluruh dataset hasil perekaman disimpan dalam server itnernal dan dapat diunggah langsung ke Wikimedia Commons. Penggunaannya dapat diintegrasikan dengan Wiktionary, ataupun diunduh untuk keperluan lain.

18 Agustus 2019. Saya mengikuti sesi Wiki Source, dengan pemaparan berbagai peroyek yang telah dikerjakan antara lain di Armenia, Rusia dan Belanda. Pada sesi lain, saya mengikuti pemaparan Lingua libre dari perwakilan Wikimedia Prancis.

Wikimedia Indigenous Language. Pada saat istirahat dan makan siang, saya menghadiri undangan komunitas Wikimedia Indigenous Language untuk membahas program strategis dari proyek-proyek Wikimedia bahasa minoritas. Beberapa bahasa yang terancam punah dan tidak memiliki sistem tulisan dapat dipertahankan keberadaannya melalui proyek Wikimedia.

Wikimedia Indigenous Languages meetup at Wikimania 2019, Stockholm, Sweden (foto: Psubhashish)

Presentasi dalam Lightning Talks. Saya mendapatkan kesempatan untuk memaparkan aktivitas dalam proyek Wikimedia yang menggunakan bahasa Sunda dengan judul The Development of Sundanese Speech Level and Its Usage in the Sundanese Language Wikimedia Projects pada sesi Lightning Talks. Dalam sesi ini saya memaparkan pilihan penggunaan ragam bahasa dalam tiga proyek Wikimedia berbahasa Sunda yang sedang berjalan, yaitu WikipediaWiki Kamus, dan Wiki Cutatan. Adapun berdasarkan kesepakatan yang telah ditentukan di Komunitas Wikipedia Basa Sunda yaitu menggunakan bahasa loma, atau standar tertulis. Dengan demikian, penulis atau penyunting baru akan diarahkan untuk menulis dengan gaya bahasa ini.


Penyampaian materi Lightning talks (foto: Rachmat04)

Setelah semua sesi utama dan paralalel selesai, kemudian dilakukan penutupan konferensi Wikimania 2019 di Aula Magna. Di penghujung hari seluruh peserta di undang untuk jamuan makan malam di Nordic Museum.

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan komunitas Wikimedia Indigenous Language dilakukan percakapan intensif melalui kanal media sosial Telegram. Salah satu poin penting yang telah ditentukan adalah perubahan nama komunitas menjadi Wikimedia Language Diversity.

Ilham Nurwansah

Admin website Kairaga.com. Senang membaca dan mengkaji naskah Sunda kuno. Wikipediawan Sunda, penikmat musik, pemerhati budaya dan sejarah. Beberapa tulisannya dimuat di surat kabar Pikiran Rakyat, majalah Manglé, Pasundan, Cupumanik dll.

View all posts by Ilham Nurwansah →

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *